Langkah Memulai Bisnis Hotel

Bisnis hotel adalah bisnis yang sangat menguntungkan dan sustainable atau bertahan lama. Salah satu hal yang pasti dari memiliki bisnis hotel adalah mendapatkan nilai jual property hotel anda yang jauh lebih tinggi dari modal yang anda keluarkan pada saat pembangunannya, bahkan apabila hotel anda selalu ramai dikunjungi tamu dengan tingkat huni yang tinggi maka nilai hotel anda akan berlipat lipat. Disinilah kuncinya mengapa pengusaha yang sudah memiliki satu hotel akan dalam waktu yang tidak terlalu lama memiliki hotel baru yang lain.
Berbeda dengan bisnis lain, kesuksesan bisnis hotel dikarenakan para pemilik maupun pengelola hotel lebih banyak menitikberatkan kepada faktor SDM sebagai pelaksana. Sudah banyak slogan perusahaan besar pengelola hotel yang menyatakan bahwa bisnis hotel adalah mengenai bagaimana menyenangkan para tamu dan untuk dapat menyenangkan para tamu maka para karyawan yang bekerja di suatu hotel haruslah merasa senang terlebih dahulu, dan bagaimana untuk membuat karyawan senang, tentu banyak caranya.
Selain itu, faktor lokasi , faktor harga, faktor kebersihan dan kenyamanan, faktor fleksibilitas juga memegang peranan yang sangat penting terdadap kesuksesan bisnis ini, sehingga bagi anda yang berencana memulai business hotel dapat mempertimbangkan faktor-faktor diatas.
Memulai bisnis hotel, secara teknisnya dapat kami jabarkan dalam langkah-langkah dibawah ini:
1. Ide atau Konsep Hotel.
Banyak pemilik hotel atau pengusaha hotel yang sukses memulai bisnis ini dari nol hanya dengan memiliki ide atau konsep cemerlang tentang hotel yang akan dibangunnya.
1. Ide atau Konsep Hotel.
Banyak pemilik hotel atau pengusaha hotel yang sukses memulai bisnis ini dari nol hanya dengan memiliki ide atau konsep cemerlang tentang hotel yang akan dibangunnya.
2. Permodalan
Setelah ide anda cukup menggebu dan anda merasa sangat yakin dengan ide tersebut, maka langkah selanjutnya adalah dengan melihat faktor permodalan anda. Berapa biaya yangdibutuhkan untuk membangun sebuah hotel? Tentu disesuaikan dengan besar kecilnya hotel yang kelak akan anda bangun. Namun apabila permodalannya tidak begitu besar, anda tetap dapat membangun hotel dengan konsep simple atau budget hotel.
Memulai membangun hotel tidak harus anda memiliki modal 100% namun anda bisa memulai dengan menyediakan 40-50% nya saja, selebihnya bisa anda dapatkan dari pinjaman bank. Lebih jauh tentang tata cara membangun hotel dengan pembiayaan perbankan sudah kami buatkan penjabarannya dalam artikel kami yang lain.
3. Penentuan Lokasi
Faktor lokasi sangat menentukan kesuksesan usaha hotel sehingga pemilihan lokasi harus anda lakukan dengan sangat hati-hati. Pada penentuan lokasi ini, anda dapat membeli tanah yang masih kosong atau tanah dengan bangunan yang tidak berfungsi dan dapat anda beli dengan harga yang tidak terlalu tinggi.
4. Buat Studi Kelayakan atau Feasibility Study
Kadangkala kita sangat yakin dengan insting bisnis kita, namun perhitungan cermat dan investigasi mendalam dari sebuah studi kelayakan akan sangat membantu anda. Studi kelayakan dapat memberikan gambaran yang akurat dan detail tentang prospek bisnis hotel anda, jenis hotel anda, berapa jumlah kamar yang harus dibangun, fasilitas apasaja yang perlu dan tidak perlu, berapa harga kamarnya berapa investasinya sampai berapa lama investasi anda akan kembali. Dengan studi kelayakan, anda dapat mencegah terjadinya kerugian besar yang diakibatkan salah dalam merancang hotel anda. Agar Hasil dari Study Kelayakan ini hasilnya murni dan fair, maka sebaiknya Studi Kelayakan dibuat oleh konsultan bisnis hotel yang mengerti betul tentang seluk beluk bisnis hotel.
Setelah ide anda cukup menggebu dan anda merasa sangat yakin dengan ide tersebut, maka langkah selanjutnya adalah dengan melihat faktor permodalan anda. Berapa biaya yangdibutuhkan untuk membangun sebuah hotel? Tentu disesuaikan dengan besar kecilnya hotel yang kelak akan anda bangun. Namun apabila permodalannya tidak begitu besar, anda tetap dapat membangun hotel dengan konsep simple atau budget hotel.
Memulai membangun hotel tidak harus anda memiliki modal 100% namun anda bisa memulai dengan menyediakan 40-50% nya saja, selebihnya bisa anda dapatkan dari pinjaman bank. Lebih jauh tentang tata cara membangun hotel dengan pembiayaan perbankan sudah kami buatkan penjabarannya dalam artikel kami yang lain.
3. Penentuan Lokasi
Faktor lokasi sangat menentukan kesuksesan usaha hotel sehingga pemilihan lokasi harus anda lakukan dengan sangat hati-hati. Pada penentuan lokasi ini, anda dapat membeli tanah yang masih kosong atau tanah dengan bangunan yang tidak berfungsi dan dapat anda beli dengan harga yang tidak terlalu tinggi.
4. Buat Studi Kelayakan atau Feasibility Study
Kadangkala kita sangat yakin dengan insting bisnis kita, namun perhitungan cermat dan investigasi mendalam dari sebuah studi kelayakan akan sangat membantu anda. Studi kelayakan dapat memberikan gambaran yang akurat dan detail tentang prospek bisnis hotel anda, jenis hotel anda, berapa jumlah kamar yang harus dibangun, fasilitas apasaja yang perlu dan tidak perlu, berapa harga kamarnya berapa investasinya sampai berapa lama investasi anda akan kembali. Dengan studi kelayakan, anda dapat mencegah terjadinya kerugian besar yang diakibatkan salah dalam merancang hotel anda. Agar Hasil dari Study Kelayakan ini hasilnya murni dan fair, maka sebaiknya Studi Kelayakan dibuat oleh konsultan bisnis hotel yang mengerti betul tentang seluk beluk bisnis hotel.
5. Libatkan Konsultan Hotel
Dengan melibatkan konsultan hotel, akan banyak mengurangi beban pekerjaan perencanaan hotel anda dan dengan adanya konsultan hotel maka perencanaan detail terhadap rencana operasional hotel dapat dilakukan dengan lebih baik. Adanya konsultan hotel dapat menghemat banyak dana yang disebabkan anda salah beli barang dan peralatan serta salah design yang menyebabkan pembangunan harus dibongkar ulang dikarenakan tidak operation wise.
Dengan melibatkan konsultan hotel, akan banyak mengurangi beban pekerjaan perencanaan hotel anda dan dengan adanya konsultan hotel maka perencanaan detail terhadap rencana operasional hotel dapat dilakukan dengan lebih baik. Adanya konsultan hotel dapat menghemat banyak dana yang disebabkan anda salah beli barang dan peralatan serta salah design yang menyebabkan pembangunan harus dibongkar ulang dikarenakan tidak operation wise.
6. Penentuan Arsitek
Untuk mendesign hotel agar maksimal dalam pemanfaatan ruang dan agar kontraktor dapat membangun hotel dengan biaya effisien maka dibutuhkan seorang arsitek atau konsultan perencana dalam perencanaan pembangunan hotel anda. Arsitek akan menggambar seluruh arsitektur bangunan, membuat gambar mekanikal & elektrikal serta plumbing sampai membuat rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan hotel anda tersebut. Gambar arsitektur juga dibutuhkan dalam pengurusan IMB hotel anda.
Untuk mendesign hotel agar maksimal dalam pemanfaatan ruang dan agar kontraktor dapat membangun hotel dengan biaya effisien maka dibutuhkan seorang arsitek atau konsultan perencana dalam perencanaan pembangunan hotel anda. Arsitek akan menggambar seluruh arsitektur bangunan, membuat gambar mekanikal & elektrikal serta plumbing sampai membuat rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan hotel anda tersebut. Gambar arsitektur juga dibutuhkan dalam pengurusan IMB hotel anda.
7. Pengurusan PerijinanSebelum anda membangun hotel, anda harus mengurus segala perijinannya. Yang paling pertama tentunya adalah izin lokasi karena tanpa izin ini tentu anda tidak dapat mengurus izin-izin yang lain dari pemda setempat. Tentang apa saja perizinan hotel, silahkan lihat pada halaman tentang perizinan hotel disini
8. Penentuan Kontraktor & Konsultan Pengawas
Setelah design arsitektur hotel anda selesai dan Izin Mendirikan Bangunan didapatkan dari Pemda setempat, maka tahap selanjutnya adalah menentukan siapa yang akan menjadi kontraktor pembangunan hotel anda. untuk menentukan siapa kontraktor pembangunan hotel, dapat dikakukan dengan cara tender atau penunjukan langsung. Selain kontraktor, anda juga harus menentukan siapa yang akan menjadi Konsultan Pengawas atau Konsultan MK yang bertugas mengawasi kontraktor agar proses pembangunan berjalan tepat waktu serta sesuai dengan spesifikasi2 yang dibuat oleh konsultan perencana. Konsultan Pengawas adalah wakil dari Project Owner dalam proses pembangunan hotel.
9. Belanja Kebutuhan Barang dan Perlengkapan Hotel.
Untuk kebutuhan ini, anda dapat melakukannya sendiri, namun dengan adanya konsultan yang membantu anda maka terjadinya salah beli atau harga barang terlalu mahal dapat anda hindari. Barang-barang kebutuhan operasional hotel cukup mahal harganya sehingga terjadinya salah beli akan mengakibatkan investasi yang membengkak.
Untuk kebutuhan ini, anda dapat melakukannya sendiri, namun dengan adanya konsultan yang membantu anda maka terjadinya salah beli atau harga barang terlalu mahal dapat anda hindari. Barang-barang kebutuhan operasional hotel cukup mahal harganya sehingga terjadinya salah beli akan mengakibatkan investasi yang membengkak.
10. Persiapan Pembukaan Hotel
Apabila sampai tahap nomor 9 anda melakukannya tanpa bantuan Konsultan hotel, maka pada tahap persiapan pembukaan hotel ini, anda benar benar harus menyewa seorang konsultan atau tenaga ahli untuk melakukan rekruitmernt pegawai, pembuatan standar operasional & prosedur, training dll. Untuk kebutuhan ini, anda tidak dapat lakukan sendiri kecuali jika anda memang seorang ahli di bidang manajemen hotel dengan pengalaman yang cukup.
11. Pembukaan Hotel
Setelah hotel anda dibuka untuk umum, anda akan mengalami masa-masa dimana tidak ada tamu yang datang menginap dihotel anda. Dibutuhkan kerja keras dari tenaga pemasaran untuk dapat menghadirkan tamu ke hotel anda sehingga pada tahap awal ini, anggaran pemasaran harus mendapatkan prioritas utama.
Apabila sampai tahap nomor 9 anda melakukannya tanpa bantuan Konsultan hotel, maka pada tahap persiapan pembukaan hotel ini, anda benar benar harus menyewa seorang konsultan atau tenaga ahli untuk melakukan rekruitmernt pegawai, pembuatan standar operasional & prosedur, training dll. Untuk kebutuhan ini, anda tidak dapat lakukan sendiri kecuali jika anda memang seorang ahli di bidang manajemen hotel dengan pengalaman yang cukup.
11. Pembukaan Hotel
Setelah hotel anda dibuka untuk umum, anda akan mengalami masa-masa dimana tidak ada tamu yang datang menginap dihotel anda. Dibutuhkan kerja keras dari tenaga pemasaran untuk dapat menghadirkan tamu ke hotel anda sehingga pada tahap awal ini, anggaran pemasaran harus mendapatkan prioritas utama.
Demikian sekilas yang dapat kami sampaikan tentang tata cara memulai bisnis hotel, kami yakin bahwa memiliki hotel bukanlah monopoli kalangan dengan modal besar, namun dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki tekad kuat dan ketekukan dalam memulai bisnis ini, ditambah kejelian dalam melihat peluang. Kami sangat senang jika tulisan ini dapat menginspirasi anda untuk memulai berbisnis di bidang perhotelan, terlebih lagi jika anda memanfaatkan jasa kami sebagai konsultan dan pengelolanya.
Strategi Marketing Hotel untuk Meningkatkan Okupansi
Karena tamu hotel bisa berasal dari wisatawan maupun non-wisatawan, artikel kali ini hanya akan berfokus pada strategi peningkatan okupansi hotel yang berasal dari wisatawan saja.
1. Tawarkan pengalaman unik kepada calon tamu Anda

Alih-alih mejual fitur tersebut, lebih baik Anda mencoba menjual pengalaman yang unik dan menarik untuk calon tamu Anda.
Ketika merencanakan bahan promosi untuk brosur ataupun situs web, cobalah untuk memfokuskan promosi pada pengalaman apa yang bisa tamu dapatkan jika menginap di hotel Anda.
Fikirkan tentang mengapa orang-orang menginap di hotel – misalnya, untuk melepas lelah dari pekerjaan sehari-hari, berwisata ataupun berkumpul dengan keluarga di suasana yang berbeda – dan promosikan perasaan serta motivasi tersebut kepada target pasar Anda.
Menginap di hotel – bagi wisatawan khususnya – merupakan suatu sarana untuk beristirahat sembari tetap bersantai dan mencari pengalaman baru di hotel tempat menginap.
Ini yang membuat penawaran pengalaman unik di hotel menjadi sangat penting.
2. Jangan pernah perang harga

Tetapi fakta menunjukkan bahwa sebagian wisatawan memilih destinasi, agen perjalanan ataupun hotel, bukan berdasarkan harga terendah yang ditawarkan.
Memasarkan hotel dengan menerapkan harga termurah memang bisa menjadi cara terbaik untuk menarik perhatian calon tamu, tetapi ini juga merupakan cara terburuk untuk menghasilkan keuntungan yang besar dan stabil.
Sebenarnya,
Ada alasan lain mengapa Anda sebaiknya tidak membranding hotel Anda sebagai hotel dengan harga kamar termurah. (silahkan baca di poin ke 7)
Alih-alih bersaing pada harga, lebih baik Anda bersaing pada nilai dan pengalaman yang diberikan kepada tamu.
Jangan menjadikan hotel Anda sebagai hotel termurah, tetapi jadikan sebagai hotel terbaiksesuai dengan target pasar dan tempat hotel Anda didirikan.
Sebagian wisatawan bersedia membayar dengan harga premium untuk mendapatkan pengalaman yang unik dan menarik (berhubungan dengan strategi pertama yang saya jelaskan di atas).
3. Aktif di media sosial
Media sosial merupakan alat pemasaran yang sangat efektif untuk bisnis perjalanan dan pariwisata.
Hubungan baik dengan tamu melalui media sosial dapat menambah loyalitas tamu untuk terus menginap di hotel Anda.
Media sosial yang saat ini masih menjadi alat paling efektif dan mudah untuk berkomunikasi dengan target pasar adalah Facebook.
Anda bisa membuat halaman facebook untuk hotel Anda dan mulai berkomunikasi dengan tamu maupun calon tamu Anda.
Sebagai tips, halaman facebook hotel tidak harus selalu berisi promosi ataupun penawaran harga.
Anda bisa memberikan informasi berupa rekomendasi destinasi wisata yang dekat dengan lokasi hotel Anda dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di destinasi wisata tersebut.
4. Lakukan kerjasama dengan aggregator perjalanan wisata

Sebuah sistem atau layanan yang menggabungkan data atau barang dengan karakteristik yang sama (wilayah geografis, target pasar, ukuran, dll) ke dalam entitas yang lebih besar.
Setiap tahunnya, semakin banyak wisatawan yang menggunakan jasa aggregator perjalanan wisata, seperti Traveloka, Wego dan Trivago.
Biasanya wisatawan menggunakan jasa aggregator perjalanan wisata ini untuk melakukan pemesanan hotel, akomodasi bahkan paket wisata.
Karena berbagai kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan, wajar saja jika sekarang banyak orang lebih memilih untuk memesan berbagai kebutuhan perjalanan wisata (kamar hotel dan pesawat) melalui situs web dari dari aggregator perjalanan wisata tersebut.
Daripada melawan keberadaan situs web tersebut dengan menggelontorkan biaya pemasaran yang besar melalui iklan berbayar (Facebook Ads, Google Adwords, dll), lebih baik Anda melakukan kerjasama dengan mereka.
Anda bisa menambahkan daftar harga berbagai jenis kamar yang tersedia di Hotel Anda ke dalam database mereka.
Meskipun beberapa situs web jenis ini mengharuskan Anda untuk membayar agar bisa masuk ke dalam listing situs mereka, tapi hal itu merupakan strategi yang cukup tepat jika dilihat dari sisi Return Of Investment (ROI)-nya.
Karena buying intens atau keinginan membeli dari orang yang mengunjungi situs web aggregator perjalanan wisata tersebut sangat besar dan hampir dipastikan akan membeli produk yang ditawarkan di situs web tersebut.
5. Temukan ceruk pasar yang cocok dengan hotel Anda dan dominasi ceruk tersebut

Tapi,
Jika diperhatikan lebih dekat, ada perbedaan yang mencolok (yang memang disengaja) untuk menonjolkan hotel mereka terhadap ceruk pasar yang sesuai dengan target market dari masing-masing hotel tersebut.
Seperti pada salah satu ulasan di Tripadvisor yang membandingkan antara JW Marriot dan Ritz Carlton.
JW Marriot – pada ulasan tersebut – unggul dalam hal memberikan pengalaman kepada tamunya dengan fasilitas yang mewah, sementara Ritz Calrton pada sisi lain memfokuskan pelayanan personal kepada tamu-tamunya.
Dari sini kita bisa melihat bahwa, bahkan dengan persaingan mendapatkan tamu high-endsekalipun yang notabenenya sangat sedikit, masih terdapat ceruk pasar yang bisa didominasi.
Sekarang saatnya beralih ke hotel Anda.
Jika hotel Anda berada di destinasi wisata yang memiliki tingkat okupansi tinggi dengan persaingan yang juga tinggi, maka Anda bisa mencari konsep unik untuk hotel Anda misalnya melalui konsep desain retro (jika hotel Anda berada di Yogyakarta).
Dengan cara ini, hotel Anda dapat “muncul” dari kerumunan dan menarik perhatian calon tamu.
6. Gunakan kekuatan email marketing

Menurut campaignmonitor.com, tingkat ROI untuk email marketing memiliki nilai sebesar 3800% dan Rp 380.000 untuk setiap Rp 10.000 yang Anda keluarkan dalam melakukan email marketing.
Pada destinasi-destinasi tertentu yang rutin dikunjungi wisatawan, misalnya Pulau Kemaro yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan, pengunjungnya – khususnya yang berkunjung pada saat Imlek atau Cap Go Meh – biasanya rutin melakukan wisata religi pada waktu-waktu tersebut.
Pola ini dapat dimanfaatkan untuk menarik tamu yang pernah menginap di hotel Anda dengan promo-promo melalui email pada waktu-waktu yang tepat, misalnya ketika akan menghadapi perayaan Imlek.
Sebelum adanya telepon pintar yang menggunakan sistem operasi Android maupun IOS, emailmemang sangat jarang diakses oleh sebagain besar masyarakat Indonesia.
Tetapi,
Pada saat sekarang ini, aplikasi email sudah terintegrasi dengan telepon pintar, sehingga pemberitahuan email baru sudah seperti pemberitahuan pesan singkat biasa.
Untuk bisa mendapatkan alamat email dari para tamu, Anda perlu menyertakan kolom email pada blangko check in ataupun pada formulir reservasi yang ada di situs web hotel Anda.
7. Fokus pada repeat guest
Tidak disangkal lagi bahwa lebih mudah untuk mendapatkan pemesanan kamar dari tamu yang pernah menginap dibandingkan dengan calon tamu yang belum pernah mencoba pelayanan hotel Anda.
Oleh karena itu,
Anda perlu mentargetkan pemasaran pada calon tamu yang benar-benar ideal untuk hotel Anda kemudian memberikan mereka pengalaman yang luar biasa dan melebihi ekspektasi mereka.
Di sinilah kunci mengapa Anda tidak perlu bersaing dari sisi harga, karena biasanya tamu yang mengincar harga termurah akan sangat sulit untuk loyal kepada satu hotel jika harga yang ditawarkan dikemudian hari tidak lagi sesuai ekspektasi atau ada hotel lain yang sengaja “membanting” harga demi mendapatkan tamu yang tidak rela membayar dengan harga premium tersebut.
8. Berikan pelayanan kepada tamu layaknya keluarga
Tidak perduli apakah hotel Anda merupakan hotel berbintang ataupun hotel nonbintang, cara terbaik untuk mendapatkan repeat guest adalah dengan memberikan pelayanan yang membuat tamu rindu kepada hotel Anda.
Berikan pelayanan kepada tamu Anda layaknya sedang menerima keluarga jauh yang sudah lama tidak bertemu.
Rasa rindu, senyuman dan kebahagiaan yang terpancar alami tanpa dibuat-buat akan tersampaikan kepada tamu Anda.
Tidak ada orang yang tidak rindu dengan keluarga. Maka tamu Anda juga akan rindu kepada pelayanan hotel Anda.
Selain mendapatkan repeat guest yang menjadi kunci dari kestabilan bisnis hotel Anda, tamu yang benar-benar puas dengan pelayanan yang diberikan tidak akan segan-segan untuk menyebarkan pengalaman mereka ke media sosial ataupun ke situs web komunitas seperti TripAdvisor.
Hanya ada dua jenis tamu yang berkemungkinan besar menyebarkan pengalaman mereka.
- Tamu yang benar-benar PUAS, dan
- Tamu yang benar-benar TIDAK PUAS
Kevin Kelly, pendiri dari Wired magazine mengatakan bahwa agar sebuah bisnis dapat sukses, setidaknya dibutuhkan 1.000 orang pelanggan yang benar-benar mencintai bisnis Anda dan menyebarkan pengalaman mereka ke orang yang mereka kenal (word-of-mouth marketing)
9. Retarget (target ulang) calon tamu potensial
Poin yang satu ini berhubungan dengan pemasaran internet.
Retargeting merupakan istilah untuk salah satu strategi pemasaran internet yang secara khusus memberikan penawaran atau iklan kepada orang-orang yang pernah mengunjungi suatu situs web ataupun suatu halaman dalam situs web.
Jika hotel Anda sudah memiliki situs web, maka sebaiknya Anda menggunakan strategi retargeting ini agar tidak kehilangan calon tamu potensial yang telah melihat-lihat penawaran di situs web hotel Anda.
Strategi ini sangat – sangat efektif dan simpel.
Misalnya,
Anda ingin melakukan retargeting kepada calon tamu yang mengunjungi situs web Anda dengan mengirimkan iklan di Facebook kepada mereka, maka Anda tinggal memasang Facebook Pixel di halaman tertentu ataupun di seluruh halaman di situs web hotel Anda.
Setelah mendapatkan cukup banyak pixel, Anda tinggal membuat iklan di facebook dan mentargetkan calon tamu yang belum melakukan reservasi (entah karena belum terlalu mengetahui tentang kualitas pelayanan hotel Anda atau karena faktor harga).
Berikan penawaran menarik dan jelaskan pengalaman apa saja yang bisa mereka dapat jika menginap di hotel Anda.
10. Mintalah saran dari tamu Anda
Sekarang ini, semakin banyak manajemen hotel yang memasang iklan berbayar (baik secara online maupun offline) untuk menjangkau lebih banyak calon tamu.
Ini tentu merupakan strategi pemasaran yang bagus dan terukur.
Tapi sayangnya, tidak semua pengiklan (manajemen hotel dalam hal ini) mengerti dan tahu bagaimana karakteristik dari calon tamu yang mereka target melalui iklan.
Dampaknya.
Bahasa iklan menjadi tidak sesuai dengan karakteristik tamu, sehingga iklan pun tidak berkesan.
Cara terbaik untuk mengenal calon tamu adalah dengan melakukan survey kepada tamu yang pernah menginap di hotel Anda.
Misalnya,
- Anda bisa tanyakan tentang jenis kegiatan wisata apa saja yang mereka sukai,
- Kapan mereka merencanakan liburan (karena biasanya wisatawan merencanakan liburan jauh-jauh hari, bukan hanya pada saat menjelang hari libur panjang), serta
- Data lainnya yang akan memberikan Anda gambaran tentang calon tamu hotel Anda dengan lebih jelas.
11. Buat blog untuk hotel Anda
Dalam era digital ini, semua jenis bisnis dituntut untuk mampu menarik calon konsumen dari berbagai celah.
Salah satu celah yang tidak hanya bisa menarik calon tamu hotel tapi juga dapat menambah kepercayaan calon tamu adalah dengan membuat blog untuk hotel Anda.
Beberapa manfaat dari blog adalah:
- Dapat memberikan data ataupun informasi yang berguna untuk pembaca blog hotel Anda, yang bisa saja merupakan tamu yang berpotensi menjadi repeat guest ataupun calon tamu hotel Anda.
- Meningkatkan visibilitas situs web hotel Anda di mesin pencari. Ini berarti situs web hotel Anda memiliki kesempatan besar untuk tampil pada halaman pertama dari hasil pencarian search engine / mesin pencari (misalnya Google, Yahoo dan Bing). Perlu Anda ketahui juga bahwa setiap harinya ribuan bahkan puluhan ribu calon wisatawan nusantara dan mancanegara mencari hotel ataupun informasi di sekitar destinasi wisata sekitar hotel Anda melalui berbagai mesin pencari.
Salah satu jenis tulisan untuk blog yang mudah dibuat namun tetap berdampak bagus untuk pemasaran hotel adalah tulisan tentang informasi ringan seputar kegiatan menarik yang bisa dilakukan di destinasi wisata sekitar hotel Anda.
Kembali kepada Anda
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan hotel secara online maupaun offline.
Yang pasti, pemasaran merupakan hal yang dinamis dan akan terus berubah mengikuti berbagai tren dan perkembangan gaya hidup manusia.
Penerapan strategi marketing yang tepat akan memberikan Anda peluang lebih besar untuk bisa mendominasi ceruk pasar dan mendapatkan konsumen yang loyal untuk hotel Anda.
Apakah salah satu strategi di atas sudah pernah Anda terapkan?
Silahkan berikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.
[alert-announce]NB: Studi Pariwisata juga menyediakan sarana diskusi berupa Grup Facebookuntuk pebisnis pariwisata, silahkan klik tombol di bawah ini untuk bergabung dan berdiskusi dengan mahasiswa, dosen dan praktisi pariwista seluruh Indonesia.[/alert-announce]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar