9 CARA MEMULAI BISNIS RESTORAN SENDIRI
Banyak orang yang bermimpi membuka restoran mereka sendiri. Tapi, mengelola restoran tidak bisa sembarangan jika Anda ingin meraup sukses. Untuk membantu Anda, berikut kami sajikan 9 tips sukses memulai bisnis restoran baru.
Apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis restoran baru?
1. Tentukan konsep restoran Anda
Langkah pertama yang wajib Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis kuliner milik sendiri adalah menentukan seperti apa konsep restoran Anda nantinya. Apakah Anda ingin buka restoran dengan atmosfer yang nyaman dan bikin betah beramai-ramai, atau Anda ingin restoran baru Anda memiliki konsep fine dinning?
Konsep restoran juga harus mempertimbangkan jenis makanan apa yang Anda ingin sajikan. Sebelum mengambil tindakan selanjutnya, rancang sebuah menu lengkap. Makanan seperti apa yang ingin Anda hidangkan di restoran Anda — khas Italia atau Jepang? Masakan rumahan atau kedai kopi dan bakery?
2. Tentukan lokasi restoran yang strategis
Lokasi restoran sangat penting dalam menentukan kesuksesan setiap bisnis restoran. Semakin mudah restoran Anda diakses oleh orang banyak, semakin besar peluang Anda untuk sukses.
Apakah lokasi tersebut termasuk daerah yang sibuk, sering dikunjungi banyak orang? Apakah areanya padat populasi, untuk memudahkan Anda mencari tenaga kerja? Apakah akses menuju lokasi tersebut mudah dicapai? Bagaimana dengan lahan parkir, tersedia cukup luaskah? Setelah semua berkenan di hati, Anda akan perlu memastikan untuk bernegosiasi mendapatkan harga sewa terbaik.
3. Tentukan juru masak Anda
Untuk memulai bisnis kuliner yang sukses, Anda perlu tiga pilar utama: konsep yang mantap, lokasi strategis, dan chef yang kompeten. Ketiganya saling bekerja sama membantu Anda menentukan suasana restoran Anda.
Koki yang Anda pekerjakan di restoran Anda haruslah sesuai dengan konsep restoran dan tema masakan Anda. Jika tidak, Anda akan dipertemukan oleh banyak drama perusahaan yang tidak perlu.
4. Ketahui target pelanggan Anda
Ketika Anda siap untuk memulai bisnis restoran, penting untuk memahami siapa target pelanggan inti Anda. Orang tua dengan anak-anak kecil memiliki kebutuhan yang berbeda dengan kaum lajang atau keluarga baru. Meneliti basis populasi daerah lokasi restoran Anda akan membuka beragam informasi demografis penting yang dapat memengaruhi kesuksesan restoran Anda.
Hal-hal seperti nilai perumahan, pendapatan rumah tangga rata-rata, usia rata-rata; ini semua akan memberikan Anda petunjuk berharga mengenai siapa pelanggan potensial Anda. Setelah Anda mendapatkan informasi penting ini, Anda bisa membandingkannya dengan restoran lain di daerah tersebut.
5. Rancang rencana bisnis sedetail mungkin
Sebelum mengajukan pinjaman buka usaha di bank, penting untuk merancang rencana bisnis Anda sedetail mungkin. Buat bisnis plan restoran yang menguraikan konsep dan rincian restoran Anda, serta bagaimana langkah Anda untuk membuatnya panen untung. Perencanaan bisnis yang matang akan meyakinkan petugas pinjaman bahwa Anda benar-benar mantap untuk memulai bisnis restoran. Juga pastikan Anda tiba di bank membawa semua dokuen yang diperlukan, termasuk laporan penghasilan pribadi, laporan pajak, dan hal-hal lain yang diminta oleh pihak bank.
Rencana bisnis Anda haruslah mencakup:
- Deskripsi konsep restoran
- Basis target pelanggan
- Menu dan harga potensial
- Informasi keuangan, seperti modal awal dan sumbernya, dan perkiraan pendapatan jangka panjang serta biaya
- Informasi marketing
- Program perekrutan karyawan, pelatihan, dan retensi
6. Cerdas pilih nama restoran
Nama restoran seringnya menjadi kesan pertama yang dimiliki oleh pelanggan Anda. Jadi, cerdaslah dalam memilih. Nama restoran boleh mencerminkan tema menu makanan Anda (Masakan Jawa, Peranakan, atau Khas Jepang) atau plesetan-plesetan unik. Jadilah kreatif dan pilih nama yang benar-benar mewujudkan konsep, menu, dan misi restoran Anda.
Namun, pilih nama yang mudah diingat dan dieja oleh orang-orang. Tapi tidak ada yang lebih menyebalkan daripada kesulitan menemukan sebuah restoran di mesin pencari online karena Anda tak pernah tepat mengeja namanya.
7. Cari modal
Sangat penting untuk melebih-lebihkan kebutuhan keuangan Anda. Idealnya, Anda akan menginginkan modal awal restoran yang dapat menutupi sekitar sembilan bulan usaha. Pengeluaran biaya untuk memulai bisnis restoran akan memakan banyak dari anggaran Anda sebelum Anda bahkan mulai menghasilkan pelanggan.
Lihatlah tabungan Anda sendiri dan rekening pensiun. Anda mungkin dapat menjual aset atau menggunakannya sebagai jaminan pinjaman. Pertimbangkan jalur kredit usaha di bank Anda, atau periksa pinjaman bank komersial. Pertimbangkan untuk meminta bantuan teman-teman dan keluarga, atau selidiki kemungkinan kemitraan. Seorang mitra bisnis dapat membantu dengan modal awal sementara juga berbagi tanggung jawab kepemilikan restoran.
8. Daftar lisensi
Kebanyakan izin lisensi dan izin membangun usaha memakan waktu yang tidak sedikit — dari mingguan hingga bulanan sebelum disetujui. Jadi, segera setelah Anda cukup mantap dengan perencanaan konsep dan keuangan restoran Anda, segeralah urus berkas-berkas izin usaha yang dibutuhkan. Lisensi lain Anda mungkin perlu adalah izin kesehatan dan lisensi minuman keras, jika ada. Cek dan ricek dengan asosiasi restoran lokal untuk informasi lebih lanjut.
9. Sebar luaskan restoran Anda ke mata publik
Setelah izin usaha dan lisensi lainnya sudah Anda miliki, konsep makanan dan tata ruang restoran sudah terwujud dengan baik, serta Anda juga sudah dipersenjatai oleh “pasukan” staf yang kompeten di bidangnya, kini waktunya Anda mengiklankan restoran baru Anda. Iklan adalah suatu keharusan bagi sebagian besar restoran baru.
Ketahui target pasar Anda. Pastikan harga dan produk restoran Anda sudah tepat untuk target pasar yang dipilih. Fokuskan waktu dan uang untuk mencapai kelompok orang ini. Rancang rencana pemasaran yang mencakup media tradisional (cetak; koran, makalah, pamflet dan brosur) atau iklan radio. Lakukan juga pemasaran restoran melalui media sosial Facebook, Twitter, atau Instagram untuk menyebarluaskan berita tentang restoran baru Anda. Buat desain iklan semenarik mungkin dan tawarkan insentif, seperti kupon diskon, untuk orang yang “Like”, “Follow”, atau “Tag” akun sosial media restoran Anda.
Memulai bisnis restoran adalah petualangan yang patut untuk Anda perjuangkan. Tapi ingat, demi mencapai kesuksesan, diperlukan perencanaan yang matang, kerja keras, dan kebulatan tekad.

Strategi Bisnis Restoran
Strategi Bisnis Restoran
Semuanya memberikan inovasi dan kreativitasnya masing-masing. Tidak hanya soal rasa saja, namun keunikan tepat, penyajian, serta harga yang ditawarkan juga menjadi pertimbangan penting bagi para konsumen. Maka dari itu, selain mempromosikan secara online, anda juga harus memiliki strategi bisnis restoran yang bagus, supaya bisnis anda tidak kalah dengan restoran lainnya. Berikut ini ada beberapa strateri kusus yang harus anda perhatikan sebelum membuka bisnis restoran.

Sumber : https://bramardianto.com/
1. Pemasaran Kreatif Melalui Media Social Atau Website
Baca Juga:
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa dalam menjalankan bisnis online, media social hanya digunakan sebagai alat promosi saja. Manfaatkan media social maupun website secara baik, dengan menawarkan berbagai promo dan juga aneka menu berbeda setiap harinya. Dengan begitu, para pelanggan akan tertarik dan penasaran untuk berkunjung ke restoran anda.
2. Tidak Berdasarkan Asumsi
Tidak dipungkiri jika tren makanan yang sedang muncul bisa jadi lahan bisnis yang menggiurkan, namun tentunya anda harus siap dengan berbagai persaingan dengan penjual lainnya. apalagi selera makan seseorang dan tren bisa berubah sewaktu-waktu. Apa yang disukai orang saat ini belum tentu disukai pada saat menjatang. Oleh karena itu, anda harus bisa melakukan inovasi lainnya.
3. Ciptakan Menu Yang Berbeda
Selain tren, orang akan senang jika mencicipi makanan yang beda dari yang lainnya, atau menu yang anda sajikan tidak ada direstoran lain. Strategi ini sangat ampuh anda coba, sebab anda tidak memiliki pesaing lainnya. Meskipun demikian, pastinya selera orang juga berbeda-beda, sehingga anda harus bisa menyajikan berbagai jenis menu pilihan yang berbeda pula.
4. Lokasi Yang Mudah Dijangkau
Lokasi yang mudah dijangkau terkadang juga akan mendatangkan pelanggan yang banyak. misalnya dekat dengan kampus, sekolahan, gedung perkantoran, atau yang lainnya. maka dari itu, sebelum membuka bisnis ini, tentukan lokasi yang benar-benar strategis dan dapat dijangkau oleh semua orang.
5. Interior Yang Menarik Dan Berubah Sewaktu-Waktu
Interior juga menjadi hal menarik yang menjadi pemikat para pelanggan. Banyak kita lihat, jika selain makan seseorang akan senang berselfi atau foto di restoran tertentu. Menyediakan beberapa spot foto yang menarik bisa jadi pilihan yang tepat. Anda juga bisa mengubah interior beberapa bulan sekali, karena dengan begitu pelanggan akan berada di resto yang berbeda, sehingga konsumen akan tertarik untuk kembali datang ke resto anda.
6. Jasa Delivery Order
Sebagai produsen, anda juga harus jeli mempertimbangkan beberapa hal lainnya. Terkadang ada beberapa orang yang ingin makan di restoran anda, namun tidak memiliki teman, sehingga keinginan tersebut hilang begitu saja. Anda bisa menghindari permasalahan tersebut dengan menawarkan jasa “Delivery Order”. Tentunya jasa ini hanya berlaku dalam kota saja.
7. Kualitas Makanan
Dari sekian banyak strategi yang anda, cita rasa dan kualitas makanan juga tidak boleh anda lewatkan. Meskipun, tidak dipungkiri jika tujuan orang pergi ke restoran tidak hanya sekedar mengisi perut saja, akan tetapi jika menu yang anda sajikan tidak enak, maka pelanggan pun enggan untuk kembali lagi.
8. Harga
Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, harga sebuah makanan sangat penting bagi mereka. Keterbatasan uang saku yang mereka miliki membuat mereka lebih memilih makanan yang murah dibanding yang mahal. Anda yang ingin membuka restoran juga harus memikirkan hal ini. Apalagi jika resto yang anda bangun masih tergolong baru dan belum memiliki ciri khas sendiri, jangan sekali-kali memberi harga yang tinggi. Berikan menu yang bervariasi dan harga yang bervariasi tentunya sesuai kualitas, sehingga menu yang anda tawarkan dapat dijangkau oleh semua kalangan.
9. Memiliki Koki Yang Handal
Cita rasa dari sebuah makanan tergantung dari koki yang memasak. Maka dari itu koki adalah hal penting yang harus anda miliki ketika membangun bisnis restoran. Memiliki koki yang handal, akan mengasilkan makanan yang lezat, dan menarik pelanggan yang banyak. selain itu, jangan mengganti koki sembarangan, karena beda koki berbeda pula cita rasa yang dihasilkan. Pilihlah beberapa koki, dan tentukan tugas masing-masing mereka tentunya dengan kemampuan memasak yang mereka miliki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar